Beginilah Cara Membedakan Struk ATM Asli dan Palsu


Modus penipuan saat ini memang tidak ada habisnya. Beragam cara yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Contohnya seperti yang di alami oleh para pedagang online yaitu penerimaan bukti transfer palsu. Bahkan, si pelaku terkadang tak segan-segan memaksa si pedagang untuk segera mengirim barangnya karena merasa dirinya sudah mengirimkan struk bukti pembayarannya.
Tentu peristiwa satu ini sangat mengganggu bagi para penjual barang online. Bagaimana tidak, uang tidak masuk ke dalam rekening, namun si pembeli abal-abal tersebut tetap kekeuh kalau bukti transferannya tersebut adalah asli.

Nah, merujuk dari fenomena tersebut, kali ini saya akan menunjukkan bagaimana membedakan dari struk ATM yang palsu dan asli, yuk simak dan manfaatin:

  1. TULISAN TERCETAK TIPIS
    Kalau kalian sering memperhatikan, struk ATM itu kemungkinan besar tulisannya sangat jelas. Pasti tebal dan terbaca meski dilihat dari jarak beberapa cm. Nah, jika struk ATM yang kalian lihat cetakan tulisannya sangat tipis, kemungkinan besar benda tersebut hanya buatan tangan. Ya karena mesin ATM tidak seperti printer yang tintanya bisa habis kapan saja. Jadi, coba telaah lagi ya jika menerima bukti transfer dari siapapun.
  2. TULISAN PADA STRUK ATM TIDAK BERADA DI TENGAH KERTAS
    Lalu, ciri yang bisa kalian perhatikan selanjutnya adalah dari posisi teksnya. Pada umumnya, mesin ATM akan menghasilkan struk yang sempurna termasuk dari ketebalan hingga posisi teksnya. Biasanya, struk yang dihasilkan oleh mesin ATM, posisi tulisannya tepat berada di tengah kertas sehingga terlihat sangat rapi. Nah, hal tersebut tidak akan kita temukan di struk buatan. Jika struk ATM palsu, posisi tulisannya tidak sesempurna yang asli. Bisa terlalu mojok pada pinggir kertas atau ada bagian teks yang tidak beraturan. Tapi kalau untuk yang satu ini bukan jadi patokan ya. Sebab, kini banyak struk ATM palsu yang sangat rapi.
  3. BESAR KERTAS TIDAK PAS DENGAN BANYAKNYA TEKS
    Kalian  bisa lihat juga dari segi besarnya kertas. coba kalian perhatikan apakah struk yang digunakan mempunyai banyak tempat kosong pada bagian atas atau bawah tulisan. kalau ada bagian kosong yang terlalu banyak pada kertas, itu berarti adalah struk ATM palsu. Bisa dikatakan begitu karena mesin ATM sudah mengatur besarnya kertas agar sesuai dengan banyak tulisannya. Sehingga tidak ada bagian kosong pada struk ATM.
  4. JIKA ADA REKENING PENGIRIM, TERTULIS SECARA LENGKAP
    Tanda dari struk ATM palsu selanjutnya yaitu dari teks rekening pengirim. Biasanya, ada beberapa bank yang mencantumkan nomor rekening pengirim pada struk ATM-nya. Namun, nomor rekening pengirim tidak tertulis secara lengkap. Hanya sekitar tiga sampai 5 digit pertama yang tertulis kemudian dilanjutkan dengan tanda X. Beda lagi jika pada struk ATM yang palsu, kalian akan melihat nomor rekenig.

ya itu dia cara untuk membedakan struk ATM palsu dan asli, semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya 😉

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Beginilah Cara Membedakan Struk ATM Asli dan Palsu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel